Sticker Printing Dan Cutting Sticker

Sticker printing dan cutting sticker memiliki perbedaan dalam pembuatannya, bahan yang digunakan juga walaupun tetap bahan sticker, tetapi berbeda jenis, meskipun ada bahan yang sama-sama vinyl, tetapi tidak semua dapat di print.

Bahannya sendiri ada banyak sekali merk yang tersedia dipasaran. Namun kualitasnya berbeda, ada yang bagus untuk di cetak tetapi jelek pada daya rekat, begitu juga sebaliknya. Namun ada juga yang bagus dicetak dan juga daya rekatnya.

Penggunaan dari kedua hasil sticker tersebut banyak yang ditujukan untuk variasi kendaraan bermotor, khususnya dari sticker cutting, sedangkan untuk yang printing lebih banyak branding kendaraan, serta advertising, untuk informasi dan penjelasannya adalah sebagai berikut.

Sticker Printing

Mesin Digital Printing Indoor Xuli
Print Bahan Sticker

Untuk sticker printing jika menggunakan jenis bahan vinyl atau decal, tidak dapat menggunakan printer biasa, karena akan sangat mudah sekali luntur, printer biasa digunakan kebanyakan print pada sticker label yang berbahan kertas.

Print pada bahan sticker vinyl tersebut hasilnya akan jauh lebih baik, jika menggunakan jenis mesin digital printing indoor, printer ini sudah sangat umum digunakan, lalu untuk memotongnya menggunakan mesin cutting sticker, namun tidak sembarang mesin cutting.

Memotong hasil print pada sticker printing tersebut, harus menggunakan mesin cutting sticker yang memiliki sensor, karena sensornya berguna untuk membaca gambar hasil print, ini di sebut dengan contour cut, atau memotong area yang bergambar.

Baca juga: Mengenal Jenis Tinta Mesin Digital Printing

Sebelum melakukan proses pemotongan hasil print, gambar yang akan di print harus terlebih dahulu di setting pada saat pembuatan file, jadi tidak asal print saja, sehingga sensor dapat membaca gambar print tadi, hasil cetak sticker printing ini banyak diaplikasikan pada list kendaraan bermotor, lebih banyak lagi yang menggunakan untuk branding pada mobil atau bus.

Ada beberapa yang melaminasi hasil cetak sticker printing tersebut, agar tidak mudah luntur dan memiliki daya tahan yang lebih lama, laminasinya sendiri menggunakan jenis laminasi dingin, namun tentu juga akan menambah cost produksi.

Ada bahan sticker kertas yang dapat di print menggunakan printer desktop biasa, tetapi sangat mudah luntur. Biasanya ini hanya digunakan untuk label saja, dan tidak untuk di posisikan outdoor. Ini adalah jenis bahan sticker A3 seperti chromo yang biasanya ada di emat cetak digital A3+.

Cutting Sticker

Kalau untuk cutting sticker, tidak membutuhkan printer, cukup menggunakan mesin cuttingnya saja, jadi gulungan bahan hanya di potong. Untuk pembuatan lebih dari satu warna, dibutuhkan teknik tersendiri, serta beberapa jenis warna bahan yang berbeda.

Jika ingin membuat lebih dari satu warna pada cutting sticker, maka dibutuhkan sistem tumpuk, atau menyesuaikan pada bidang dengan warna berbeda yang diinginkan. Memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan sticker printing, namun kebanyakan cutting sticker ini lebih diminati sebagai variasi atau aksesoris kendaraan.

Cutting Sticker
Cutting Sticker

Pembuatan cutting sticker ini cukup banyak diminati, terutama untuk variasi kendaraan, serta pada bidang advertising, untuk modal usahanya sendiri memang tidak terlalu besar, bisa menggunakan mesin cutting brand asal China yang memiliki harga jual lebih murah, jika dibandingkan dengan brand asal Jepang.

Mesin cutting sticker sendiri ada banyak merk dan ukuran yang tersedia, mulai dari yang terkecil dengan lebar area potong 30 cm, hingga ada yang mencapai 130 cm, dan harga jualnya sendiri bervariasi, mulai dari 4,8 jutaan, hingga lebih dari 40 jutaan.

Bahan sticker yang digunakan, bisa vinyl atau scothlite, itu yang umum dipakai, untuk bahan scothlite lebih disukai, karena akan terlihat seperti menyala pada saat terkena lampu atau sinar, dan merk dari bahan sticker tersebut juga ada banyak macamnya, seperti ritrama, oracal, ablaze, dll.

Artikel lainnya: Informasi Mesin Digital Printing Terlengkap

Penutup

Kedua jenis hasil sticker tersebut sama-sama diminati, hanya memang tujuan penggunaannya ada yang berbeda, dan modal usahanya sendiri jauh perbedaannya. Sudah banyak tutorial di internet mengenai pembuatan keduanya, sehingga tidak akan terlalu kesulitan untuk mempelajari.

Yang terpenting untuk langkah awal adalah pelajari terlebih dahulu pangsa pasar yang akan dituju. Sehingga tidak salah dalam memilih mesin yang sesuai.

Demikian informasi perbedaan antara sticker printing dan cutting sticker, jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Leave a Comment

error: Content is protected !!