Perbedaan Mesin Digital Printing Outdoor Dan Indoor

Ada banyak perbedaan mesin digital printing outdoor dan indoor yang memang cukup mencolok. Yang paling mudah terlihat adalah dari ukuran printer tersebut. Karena untuk jenis outdoor sendiri memiliki ukuran yang jauh lebih besar, baik fisik maupun area cetaknya.

Meskipun secara umum jenis bahan yang dapat di cetak pada kedua jenis printer tersebut sama. Tetapi dari segi hasil print bisa jauh berbeda. Lalu dari segi biaya produksi juga memliki perbedaan yang cukup jauh.

Kedua jenis printer ini memiliki fungsinya masing-masing, dalam arti spesialisasi pada beberapa jenis bahan. Namun yang pasti, keduanya hampir pasti ada pada penyedia jasa digital printing.

Perbedaan Mesin Digital Printing Outdoor Dan Indoor

Mesin Digital Printing Indoor Xuli

Perbedaan kedua jenis printer besar ini paling mudah dilihat adalah dari lebar area cetaknya. Untuk jenis mesin digital printing outdoor memiliki ukuran area cetak mencapai 3,2 meter. Sedangkan printer indoor ukurannya 1,6 meter.

Tinta yang digunakan pada printer outdoor adalah jenis tinta solvent, sedangkan pada printer indoor adalah ecosolvent. Dari segi harga tinta sendiri untuk tinta solvent mencapai 630 ribu/ galon yang berisi 5 liter. Dan tinta solvent sendiri harga jualnya 330 ribu perliternya.

Printhead dari kedua jenis printer ini juga tidak sama, dan ada banyak jenis printhead yang digunakan. Untuk printhead pada mesin digital printing outdoor diantaranya:

  • Konica 512i
  • Konica 1024i
  • Polaris
  • Seiko
  • Ricoh
  • DLL

Sedangkan printhead yang digunakan pada mesin digital printing indoor diantaranya:

  • Epson DX5
  • XAAR
  • XP600
  • Toshiba
  • Panasonic
  • DLL

Pada printer outdoor solvent lebih banyak difungsikan sebagai mesin cetak banner, print pada bahan flexi. Ukuran bahan tersebut sesuai dengan lebar area cetaknya, yakni sama-sama mencapai 3,2 meter.

Selain itu dari segi cost produksi juga lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan printer indoor. Karena harga jasa cetak banner yang cukup bersaing di beberapa wilayah, terutama di kota besar.

Sedangkan untuk printer indoor sendiri lebih sering digunakan pada bahan yang hasil cetaknya dilihat dari jarak pandang dekat. Seperti contohnya untuk print pada bahan sticker, albatros, luster, dan lainnya.

Memilih Mesin Digital Printing Yang Sesuai

Mesin Digital Printing Outdoor

Ketika ingin membeli dan memilih salah satu dari kedua jenis printer tersebut, ada baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Mengingat harga mesin digital printing ini cukup tinggi, sehingga tidak salah dalah memilih yang sesuai.

Pastikan terlebih dahulu tujuan pangsa pasarnya, lebih banyak untuk cetak banner atau bahan seperti sticker. Memang mesin digital printing outdoor bisa juga untuk cetak sticker, tetapi hasilnya tidak sebagus ketika menggunakan printer indoor.

Kalau lebih banyak untuk print pada bahan sticker, maka akan lebih tepat dan sesuai memilih printer indoor ecosolvent. Beda halnya jika bahan flexi yang akan lebih banyak di print, tentu printer outdoor pilihan yang lebih baik.

Lalu liat juga mengenai budget yang akan dikeluarkan, mengingat harga kedua jenis printer ini berbeda cukup jauh. Sebagai contoh, printer outdoor dengan printhead Konica 512i harganya mencapai 265 jutaan.

Harga dari mesin digital printing indoor dengan printhead Epson DX5 sendiri berkisar di angka 100 jutaan. Tentu selisih harga yang cukup jauh berbeda. Jadi agar diperhatikan ketika memilih mesin yang ingin dibeli.

Cost produksi printer outdoor lebih murah jika dibandingkan dengan printer indoor, mungkin bisa mencapai setengahnya. Namun kelemahannya adalah hasil print yang tidak sebagus printer indoor.

Ketika sudah menentukan apa yang ingin digunakan, perhatikan juga aftersales dari merk yang diinginkan. Karena suatu saat pasti diperlukan, mengingat ada juga komponen yang memiliki masa habis pakai.

Jangan terpaku pada harga jual yang murah saja, karena itu tidak menjadi jaminan. Mengingat ada juga yang menjual dengan harga sangat murah, tetapi tidak memiliki teknisi yang memadai.

Pastikan untuk melihat terlebih dahulu demo mesin yang diinginkan, lalu mengenai keberadaan service centernya. Ini termasuk hal non teknis yang cukup vital. Sehingga tidak kesulitan dikemudian hari ketika mengalami kendala.

Demikian informasi mengenai perbedaan mesin digital printing outdoor dan indoor ini. Semoga dapat menambah informasi yang dibutuhkan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!