Mesin Printing Kain Dengan Sublimasi

Untuk melakukan proses sablon dengan cara digital ada banyak cara, dan salah satunya dengan menggunakan mesin printing kain. Yang dibahas disini adalah melalui metode sublimasi dengan transfer paper, yang sudah cukup umum dilakukan pengusaha konveksi.

Dan untuk metode yang dibahas ini juga adalah yang menggunakan printer besar, yaitu mesin digital printing. Yang biasanya digunakan untuk pembuatan jersey, boneka, handuk, serta hasil jadi lainnya.

Proses print yang dilakukan disini tidak langsung pada bahan kain tersebut, tetapi transfer paper yang di print. Lalu kemudian di press pada bahan dengan menggunakan mesin hotpress roll untuk mentrasfer tinta pada bahan kain tersebut.

Mesin Printing Kain Sublimasi

Seperti disebutkan diatas, proses kerjanya adalah dengan menggunakan transfer paper sebagai saran pemindah tinta ke bahan kain. Jadi desain ingin dicetak di print pada transfer paper tersebut, lalu kemudian di press.

Cara ini memang membutuhkan dua kali proses kerja dengan menggunakan dua mesin yang berbeda. Namun jauh lebih efektif dan maksimal dibandingkan dengan printer yang langsung print pada kain.

Baca juga: Informasi Mesin Digital Printing Terlengkap

Selain itu juga meminimalisir kerusakan pada mesin printing kain sublimasi, karena terhindar dari uap yang naik ke atas. Karena pada printer yang print direct langsung pada kain, posisi pemanas ada dibawah, ini bisa membuat uap naik ke atas.

Jika ini terjadi, maka akan dapat mengakibatkan kendala kerusakan pada printer, terutama printhead dan komponen elektronik. Berbeda jika dengan mesin press yang terpisah, karena berbeda mesin maka dapat diatur posisinya sedemikian rupa.

Maka secara jangka panjang dengan menggunakan mesin yang terpisah ini bisa lebih awet penggunaannya. Selain itu juga memang hasil cetaknya jauh lebih bagus dibandingkan yang print langsung pada kain.

Secara fisik, untuk printer sublime ini sama seperti printer indoor yang ada pada tempat digital printing. Hanya berbeda pada penggunaan tintanya, karena yang digunakan adalah jenis tinta sublimasi yang memang untuk bahan kain.

Xuli X6-1880 Sublime

Mesin Digital Printing Kain Sublimasi
Xuli X6-1880 Sublime

Xuli X6-1880 Sublime adalah produk asal China yang sudah cukup banyak digunakan pengusaha konveksi di Indonesia. Populasi pengguna terbesarnya untuk jenis sublime ini ada di Bandung, Jakarta, dan Malang.

Hasil cetaknya bagus dan kinerjanya juga stabil pada saat melakukan proses kerja, bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Dan spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Type: X6-1880 Sublime
  • Max. Print Width: 1800 mm
  • Printing Resolution: 1440 DPI
  • Color: 4 Colors CMYK
  • Printhead: Single Epson DX5
  • Speed: (2 Pass – 15 m2/h) // (4 Pass – 12 m2/h) // (8 Pass – 9 m2/h)
  • RIP Software: Maintop
  • Media Heater: Post & Pre Heater
  • Power: 220 V (600 watt without heater)
  • Printer Dimension: L. 2656 mm x H. 1260 mm x W. 700 mm
  • Net Weight: 300 Kg

Garansinya sendiri selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak termasuk dalam garansi. Yang tidak digaransi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya printhead.

Sampai sejauh ini untuk mesin digital printing Xuli masih termasuk yang populer digunakan. Karena selain harga jual yang lebih murah, juga karena memang kinerjanya yang bagus.

Harga Mesin Printing Kain

Jersey Hasil Print Sublime
Jersey Hasil Print Sublime

Dari segi harga jual, mesin printing kain Xuli berada di harga 100 jutaan, itu untuk yang menggunakan printhead Epson DX5. Sedangkan untuk harga mesin press tergantung dari ukurannya, karena ada dua ukuran yang berbeda.

Mesin hotpress roll dengan ukuran area kerja 1 meter sekitar 100 jutaan, sedangkan ukuran 1,6 meter sekitar 195 jutaan. Dalam memilih mesin press ini harap disesuaikan dengan kebutuhan, mengingat selisih ukuran dan harganya yang cukup jauh berbeda.

Mesin press ini juga di dominasi oleh produk asal China, salah satunya adalah merk HWT. Dan produk asal China ini kebanyakan stabil saat digunakan, meskipun tidak semuanya, tetapi sebagian besar kinerja mesinnya bagus.

Harga jual tinta sublime sekiar 450 ribu perliternya, dan itu untuk satu warna, membutuhkan 4 warna CMYK. Dalam memilih tinta ini juga diharapkan berhati-hati, karena banyak merk tersedia. Agar lebih aman adalah dengan membeli pada penjual printernya, karena bisa dipastikan sesuai dengan printernya tersebut.

Demikian informasi mengenai mesin printing kain sublimasi ini, semoga dapat membantu dan menambah informasi.

Leave a Comment

error: Content is protected !!