Mesin Digital Printing UV Flatbed Dan Roll

Mesin digital printing UV merupakan tipe tertinggi dari semua jenis large format printer pada saat ini. Dengan kemampuan hasil cetak yang bagus dan tahan lama dibandingkan dengan jenis printer lainnya.

Ada 2 pilihan tersedia untuk printer UV ini, yaitu flatbed dan roll to roll. Yang biasanya tujuan peruntukan dari penggunaannya berbeda, melihat secara fisik juga jauh berbeda.

Untuk flatbed berbentuk datar seperti namanya, sedangkan roll sama seperti mesin digital printing biasanya. Penjelasan lebih lengkap dari printer ini akan coba ditulis sebagai berikut.

Mesin Digital Printing UV Roll

Printer UV Roll
Printer UV Roll

Jenis mesin digital printing UV roll seperti disebutkan sebelumnya secara fisik sama seperti printer pada umumnya. Perbedaannya adalah ketika sedang melakukan proses cetak, maka akan terlihat lampu UV yang menyala. Selain itu juga sudah dilengkap dengan chiller sebagai pendingin.

Pada penyedia jasa digital printing UV yang ada kebanyakan digunakan untuk cetak pada bahan canvas atau wallpaper dan juga sticker. Meskipun bahan tersebut bisa di print dengan printer biasa, tetapi hasilnya jauh berbeda. Bahkan saat diraba dengan tangan juga terasa sedikit timbul.

Namun kebanyakan pengguna dari jenis printer ini adalah produsen pembuatan tas. Khususnya pada pembuatan tas anak-anak, pada bahan spunbond atau oscar, serta banyak lainnya.

Produk asal China yang paling banyak digunakan untuk mesin digital printing UV roll. Karena selain harga jual yang lebih murah, juga kemamuannya yang tergolong bagus. Meskipun memang tidak semua brand asal China kualitasnya sama bagusnya.

Pada printer UV roll ini juga ada dua tipe lagi, yang menggunakan single printhead dan double printhead. Untuk yang menggunakan double printhead biasanya sudah dilengkapi dengan tinta putih. Jadi bisa untuk print pada bahan berwarna gelap atau transparant.

Dan pada saat melakukan proses print juga bisa diatur sedemikian rupa. Bisa print warna CMYK terlebih dahulu lalu kemudian putih. Bisa juga print warna putih baru kemudian CMYK. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan bahan yang ingin di cetak.

Harga Mesin Digital Printing UV Roll

Mesin Digital Printing Xuli UV
Printer UV Roll

Dari segi harga jual, untuk printer ini sendiri jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan printer indoor ecosolvent. Sebagai contoh untuk merk Xuli yang memiliki harga jual paling murah saat ini dan dengan kualitas bagus mencapai 185 jutaan.

Bandingkan dengan printer ecosolvent yang harganya sendiri “hanya” 100 jutaan, tentu selisih yang cukup jauh berbeda. Sedangkan untuk printer UV roll double printhead berada di angka 255 jutaan.

Baca juga: Informasi Mesin Digital Printing Terlengkap

Ini adalah salah satu kelemahan dari mesin digital printing UV, yaitu harga jual yang cukup tinggi. Namun meskipun begitu, ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh printer tersebut. Yang kualitas hasilnya cetaknya juga memang jauh lebih bagus.

Kalau harga tintanya sendiri beradadi angka 750 ribu untuk perliternya, dan ini untuk satu warna. Printer single printhead membutuhkan 4 warna CMYK. Kalau yang double printhead dan ingin menggunakan tinta putih menjadi 5 warna CMYK + White.

Mesin Digital Printing UV Flatbed

Printer UV Flatbed
Printer UV Flatbed

Seperti pada namanya, secara fisik untuk mesin digital printing UV flatbed memiliki bentuk datar seperti meja. Ini jenis printer yang berbeda sendiri, tidak seperti pada umumnya printer roll.

Bisa digunakan untuk print pada bahan yang lebih tebal, karena ketinggian printheadnya dapat diatur sedemikian rupa. Ketebalan bahan yang dapat di print dengan menggunakan printer ini bahkan hingga mencapai 10 cm.

Jadi untuk print pada bahan kaca atau acrylic dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan printer ini. Atau jenis bahan lainnya seperti kayu dan MDF juga tetap bisa dengan mudah dicetak.

Artikel lainnya: Tips Merawat Mesin Digital Printing

Ukuran area cetak dari printer flatbed ini bervariasi, mulai dari 160 x 100 cm, hingga 260 x 130 cm. Ini adalah ukuran printer produksi pabrikan, mengingat juga da yang memodifikasi dari printer biasa dengan ukuran yang lebih kecil.

Tinta putih juga sudah tersedia pada mesin printing ini, bahkan ada yang sudah dilengkapi dengan vernish sebagai finishing akhir. Sampai saat ini bisa dikatakan untuk jenis printer flatbed ini adalah yang terbaik dari semua printer.

Sama seperti printer roll, yang paling mendominasi digunakan pada saat ini adalah brand asal China. Dan ada beberapa merk tersedia, meskipun tidak semuanya memiliki kemampuan yang bagus. Tetapi ada yang kualitasnya sudah terbukti dengan baik dan kinerja yang stabil.

Harga Printer UV Flatbed

Printer Flatbed Xuli
Printer Flatbed Xuli

Harga jual dari printer UV flatbed adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan semua jenis printer lainnya. Printer dengan bidang area cetak 260 x 130 cm untuk merk Xuli berada di angka 770 jutaan.

Kalau untuk merk asal Jepang sudah lebih dari 1 M, itu sebabnya merk asal China lebih banyak dipilih. Mengingat juga dari segi hasil print secara kasat mata tidak akan berbeda. Begitu juga dengan kinerjanya yang juga tidak kalah bagusnya.

Dari segi garansi untuk printer UV ini biasanya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts. Namun ada bagian yang tidak termasuk dalam garansi. Yang tidak digaransi adalah consumable parts atau bagian yang ada masa habisnya. Seperti contohnya adalah printhead yang dipergunakan, serta lampu UV.

Ini umum seperti garansi pada mesin digital printing lainnya, kecuali lampu UV. Karena hanya printer UV yang menggunakan lampu tersebut.

Memilih Printer UV Yang Tepat

Ketika ingin membeli printer UV, ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Mengingat harganya yang cukup tinggi, agar lebih bijak dalam memilih. Pastikann terlebih dahulu arah pasar yang ingin dituju jika digunakan untuk jasa print.

Lalu jenis bahan yang ingin di cetak, jika hanya bermain pada bahan sticker atau wallpaper, tentu tidak tepat jika menggunakan flatbed. Karena akan menambah beban investasi dari biaya pembelian mesinnya itu sendiri.

Lalu mengenai merk yang ingin dipilih, pastikan tentang ketersediaan service center resmi dan spare parts. Ini penting agar ketika dibutuhkan tidakmengalami kesulitan. Lalu juga dengan teknisi yang tersedia, ini sangat vital dalam aftersales.

Dan agar sebaiknya meliihat demo mesin tersebut terlebih dahulu, yang akan lebih baik melihat langsung pada yang sudah menggunakan. Akan terlihat dengan jelas kualitas printernya pada saat melakukan proses produksi. Mintalah pada sales merk yang bersangkutan untuk melihat demonya tersebut.

Demikian informasi mengenai mesin digital printing UV ini, semoga dapat membantu dan menambah informasi.

Leave a Comment

error: Content is protected !!