Mesin Digital Printing Outdoor Cetak Banner MMT

Mesin digital printing outdoor memiliki lebar area cetak yang cukup besar dengan mencapai 3,2 meter. Untuk panjang bahan yang dapat di print tidak terbatas, bisa 1 roll di cetak secara langsung tanpa henti.

Printer ini termasuk yang paling banyak dipergunakan pada penyedia jasa digital printing yang ada di Indonesia. Bahkan mungkin hampir di setiap penyedia jasa printing sudah memiliki printer solvent ini pada usahanya.

Brand asal China yang paling mendominasi pada saat sekarang, karena harga jual yang murah dan juga hasil yang bagus. Setiap merk yang ada memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, serta spesifikasi yang sedikit berbeda.

Mesin Digital Printing Outdoor China

Mesin Cetak Banner
Mesin Cetak Banner

Mesin digital printing outdoor China sendiri saat ini ada banyak sekali merk yang tersedia di Indonesia. Perbedaan biasanya pada penggunaan printheadnya, mengingat ada beberapa macam printhead dengan kemampuan berbeda.

Printhead yang biasanya ada pada mesin digital printing ini diantaranya yaitu:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Konica 1024i
  • Polaris
  • Seiko
  • Ricoh
  • DLL

Setiap printhead ini memiliki kemampuannya tersendiri, baik dari segi hasil cetak maupun kecepatannya. Dan yang saat sekarang ini sedang banyak digunakan adalah printhead Konica 512i dan Konica 1024i.

Hasil cetak dari printer yang menggunakan printhead ini bagus, kecepatan cetaknya juga tergolong baik. Untuk printhead Konica 512i kecepatannya mencapai 120 m2/jam, sedangkan printhead Konica 1024i mencapai 240 m2/jam.

Mesin Digital Printing Xuli

Mesin Digital Printing Xuli Outdoor
Xuli

Xuli adalah brand asal China yang memiliki line up printer jenis outdoor dengan menggunakan printhead Konica 512i. Dan populasi pengguna mesin digital printing Xuli ini termasuk yang paling banyak di Indonesia.

Tipe yang tersedia untuk mesin digital printing outdoor Xuli adalah X6-1000. Spesifikasi singkatnya:

  • Tipe: X6-1000
  • Printhead: 4 Head Konica 512i 30 PL
  • Area print: 3,2 meter
  • Kecepatan: 120 m2/jam
  • Konsumsi listrik: 1450 watt (standby) – 4250 watt (printing)
  • Berat: 650 kg

Banyak digunakan untuk cetak baliho atau banner pada bahan flexi, karena sesuai dengan lebar bahan yang juga mencapai 3,2 meter. Kinerja printer ini juga stabil pada saat melakukan proses cetak,dengan kecepatan yang baik.

Untuk merk Xuli sendiri di Indonesia sudah tersedia service center resmi yang berada di Jakarta. Sehingga untuk kebutuhan layanan support dan aftersales dapat terlayani dengan baik. Serta di dukung dengan teknisi yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi.

Harga Mesin Digital Printing Outdoor

Dari segi harga jual, untuk printer outdoor ini sendiri beragam, tergantung dari merk dan printhead yang dipergunakan. Sebagai contoh untuk harga printer Xuli X6-1000 mencapai 265 jutaan, itu untuk yang menggunakan printhead Konica 512i.

Lalu untuk printer dengan printhead Konica 1024i berada di angka 390 jutaan. Kalau harga tinta solvent dari printer ini sendiri berada di angka 650 ribu pergalon yang berisi 5 liter. Itu untuk perwarna, dan printernya sendiri membutuhkan 4 warna CMYK.

Baca juga: Mengenal Jenis Tinta Mesin Digital Printing

Garansinya sendiri biasanya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak termasuk garansi. Yang tidak termasuk dalam garansi adalahh bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Mesin Digital Printing Outdoor Indoor

Mesin Digital Printing Indoor
Printer Indoor Ecosolvent

Tidak ada yang namanya mesin digital printing outdoor indoor, karena jenis tinta dan printheadnya saja berbeda. Namun dari segi bahan yang dapat di cetak bisa sama, bahan indoor dapat di print pada printer outdoor, begitu juga kebalikannya. Namun dari segi hasil print yang berbeda.

Selain itu penggunaan tintanya juga berbeda, karena untuk printer indoor menggunakan tinta ecosolvent. Lalu termasuk untuk ukuran lebar area print, karena printer indoor rata-rata ukuran area print 1,6 meter.

Jadi perlu dipahami untuk perbedaan keduanya, karena banyak hal yang berbeda diantara kedua jenis printer tersebut. Dari segi harga jual juga cukup jauh berbeda, untuk printer ecosolvent berada di angka 100 jutaan.

Sebagai tambahan informasi, untuk printer outdoor ini selain banyak digunakan sebagai mesin cetak banner mmt, juga bisa untuk print sticker. Namun untuk print pada bahan sticker akan jauh lebih bagus hasilnya jika menggunakan printer indoor ecosolvent. Karena untuk sticker printing sendiri lebih banyak dilihat dari jarak dekat, sehingga membutuhkan hasil cetak yang lebih halus.

Penutup

Apabila berminat dengan printer ini, ada baiknya untuk melihat demo mesin tersebut secara langsung. Dan akan lebih baik jika melihatnya pada penggunanya langsung. Karena akan terlihat jelas pada saat melakukan proses cetak.

Lalu pastikan juga mengenai ketersediaan spare parts dan teknisi yang memadai, karena pasti akan diperlukan suatu saat nanti. Yang akan lebih baik lagi jika sudah memiliki service center resminya sendiri.

Dan sebagai catatan, meskipun memiliki service center resmi, tetapi pada saat dibutuhkan bukannya mesin yang dikirim untuk perbaikan, tetapi teknisi yang akan datang ke tempat dimana printer tersebut berada.

Demikian informasi mengenai mesin digital printing outdoor ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!