Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Mesin digital printing indoor yang menggunakan tinta ecosolvent banyak digunakan untuk cetak bahan sticker. Dan juga pada bahan digital printing indoor lain seperti albtaros atau luster yang digunakan untuk pembuatan x banner dan sejenisnya.

Hasil print lebih bagus jika dibandingkan dengan printer outdoor solvent, lebih jelas dan halus. Karena printheadnya memiliki pico liter yang lebih kecil. Jenis printer indoor ini juga termasuk yang paling banyak dipergunakan pada penyedia jasa digital printing. Bahkan mungkin di setiap penyedia jasa ini ada jenis printer indoor.

Tidak hanya pada bidang digital printing saja, tetapi juga pada sentra industri kerajinan tas. Banyak juga yang menggunakan printer ini untuk print pada bahan spunbond. Yang biasanya dijadikan bahan pembuatan tas anak-anak dengan gambar karakter kartun.

Mesin Digital Printing Indoor

Mesin Printing Indoor
Mesin Printing Indoor

Produk asal China cukup mendominasi pada mesin digital printing indoor, dan penggunanya juga terbilang sangat banyak. Hasil cetak dari printer merk China ini juga bagus, meskipun memang tidak semua merk memiliki tingkat stabilitas yang baik.

Dari segi harga jual juga lebih murah jika dibandingkan dengan merk Jepang seperti Mimaki atau Roland. Meskipun memang perlu diakui bahwa untuk produk Jepang juga memiliki keunggulan yang tidak terdapat pada produk China ini.

Kisaran harga jual untuk mesin digital printing ini untuk produk China di angka 100 jutaan. Itu untuk yang menggunakan printhead Epson DX5. Ada juga yang menggunakan printhead XAAR, dan kisaran harganya berada di angka 115 jutaan.

Lebar area cetak dari mesin printing sticker ini 1,6 meter dan tanpa batasan panjang area print. Jadi seperti bahan sticker 1 roll langsung di bisa di print sekaligus. Atau bahan lainnya seperti canvas dan wallpaper, bisa di print non stop 1 roll.

Mesin Digital Printing Indoor Xuli

Mesin Digital Printing Xuli
Xuli

Xuli adalah salah satu brand asal China yang cukup banyak digunakan di Indonesia, dan tersedia jenis printer ecosolvent pada tipenya. Ada beberapa tipe tersedia dengan penggunaan printhead yang berbeda. Sekedar informasi, printhead pada mesin digital printing indoor sendiri ada beberapa macam yang digunakan, diantaranya.

  • Epson DX5
  • Epson DX7
  • XAAR
  • XP600
  • Toshiba
  • Panasonic
  • DLL

Untuk mesin digital printing Xuli sendiri printehad yang digunakan adalah Epson DX5, XAAR, dan XP600 dengan tipe yang berbeda. Dari segi populasi penggunanya, untuk yang menggunakan printhead Epson DX5 lebih banyak dibandingkan dengan XAAR. Namun secara kecepatan cetak dan hasilnya sedikit lebih baik printhead XAAR.

Spesifikasi:

  • Type: X6-1880
  • Max. Print Width: 1800 mm
  • Printing Resolution: 1440 DPI
  • Color: 4 Colors CMYK
  • Printhead: Single Epson DX5
  • Speed: (2 Pass – 15 m2/h) // (4 Pass – 12 m2/h) // (8 Pass – 9 m2/h)
  • RIP Software: Maintop
  • Media Heater: Post & Pre Heater
  • Power: 220 V (600 watt without heater)
  • Printer Dimension: L. 2656 mm x H. 1260 mm x W. 700 mm
  • Net Weight: 300 Kg
  • Harga: Rp. 100 juta

Harga Mesin Digital Printing Indoor

Harga Mesin Digital Printing
Printer Indoor

Harga mesin digital printing indoor sendiri bervariasi, tergantung dari merk serta printhead yang digunakan pada printer tersebut. Seperti yang tertulis sebelumnya, untuk merk asal China seperti Xuli berada di harga 100 jutaan, itu printer dengan printhead Epson DX5. Kalau yang menggunakan printhead XAAR berada di kisaran 115 jutaan.

Kalau untuk brand asal Jepang sendiri mulai dari 150 jutaan dengan printhead yang sama, selisih harga yang cukup jauh berbeda. Lalu untuk harga tinta ecosolvent yang digunakan printer produk China ini berkisar 300 ribuan untuk perliternya, dan itu untuk satu warna. Printer ini menggunakan 4 warna CMYK.

Untuk cost produksinya sendiri jika dibandingkan dengan mesin digital printing outdoor memang lebih tinggi. Namun harga dari printernya lebih murah dengan selisih harga jual yang jauh berbeda. Karena untuk printer outdoor mulai dari 265 jutaan.

Garansi Printer Indoor

Mesin Cetak Sticker
Mesin Cetak Sticker

Garansinya dari mesin printing indoor biasanya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts. Namun ada bagian yang tidak termasuk dalam garansi. Yang tidak digaransi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Sebagai informasi tambahan, arus listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kendala pada komponen elektronik. Itu sebabnya biasanya pihak distributor akan menyarankan menggunakan stabilizer atau UPS. Untuk mencegah hal yang tidak diinginakan terjadi.

Dan untuk saran, jika anda berminat untuk membeli printer ini, sebaiknya melihat demo mesin tersebut terlebih dahulu. Akan lebih baik jika melihatnya langsung pada pengguna yang sudah ada. Sehingga akan terlihat jelas kemampuan printer tersebut pada saat melakukan proses produksi.

Dan pilihlan merk yang sudah memiliki service center resmi di Indonesia, karena hal ini pasti akan diperlukan suatu saat. Terutama saat membutuhkan spare parts atau teknisi ketika mesin mengalami kendala.

Demikian informasi mengenai mesin digital printing indoor ecosolvent ini, semoga dapat membantu.

Leave a Comment

error: Content is protected !!