Kegunaan Kertas Karton Dalam Bidang Percetakan

Siapapun sudah tau kertas karton, atau bahasa lainnya disebut juga sebagai paper board, yang terbuat dari bubur kertas (pulp). Bubur kertas ini bisa berupa sintetis, organik, ataupun daur ulang dari sisa produksi. Suatu kertas bisa disebut karton apabila sudah memiliki gramasi diatas 200 gsm.

Jika hendak dibuat karton dengan beraneka warna (biasanya untuk keperluan kreasi), maka bubur kayu ini akan melalui proses bleaching, sebuah proses dimana warna bubur akan menjadi putih dengan bantuan larutan Hidrogen Peroxida atau sejenisnya.

Kemudian bubur kayu ini akan dicampurkan dengan pewarna sesuai dengan kebutuhan dan tahap akhir adalah pencetakan sesuai dengan ketebalan yang di inginkan.

Kegunaan Kertas Karton

Di industri percetakan, kertas karton punya banyak kegunaan. Jika masyarakat umum lebih memanfaatkan jenis kertas ini untuk kerajinan tangan, maka industri percetakan menggunakannya untuk 5 hal berikut.

1. Paper Bag

Paper Bag
Paper Bag

Salah satu jenis kertas yang populer untuk pembuatan paper bag adalah art carton. Dengan gramatur 190 – 400 gram, anda juga dapat mencetak desain di atas kertas ini secara offset atau digital.

2. Poster Dan Kartu Nama

Kertas yang sering digunakan termasuk art carton, kertas BC atau manila, atau ivory. Perbedaan finishing pada hasil cetakan bisa menghasilkan tampilan berbeda dan menarik.

3. Packaging Makanan

Biasanya yang digunakan adalah kertas duplex dengan dua warna. Sisi luar berwarna putih, sisi dalam abu-abu. Harganya termasuk murah dibandingkan jenis kertas lain.

4. Keperluan Dan Perlengkapan ATK

Umumnya dipakai untuk membuat stofmap, kartu pos, dst. Paling sering berbahan kertas BC atau manila dengan permukaan yang bertekstur.

Artikel lainya: Kegunaan Kertas Karton Dalam Bidang Percetakan

5. Cetak Undangan Dan Sertifikat

Varian bahan kertasnya bisa dipilih dari yang murah dan terjangkau, seperti kertas BC atau manila. Jika ingin tampilan premium dan mahal, bisa memilih kertas art carton atau ivory.

Tiga Penggolongan Kertas Karton Pada Percetakan

Boks Karton
Boks Karton

Industri percetakan di Indonesia mengenal tiga penggolongan kertas karton, yaitu:

1. Karton boks. Jenis ini memungkinkan Anda untuk membentuk dan melipat, tetapi isi karton tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Saat Anda memotong karton boks secara horizontal, Anda akan melihat gelombang karton yang dibuat berlapis. Ini membuat karton lebih kuat dan kokoh. Di luar negeri, jenis ini disebut juga corrugated paperboard.

2. flexible packaging. Jenis ini lebih sering dipakai untuk kemasan makanan atau minuman. Biasanya akan ditambahkan lapisan antijamur atau bahan lainnya untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri masuk dalam kemasan. Setiap negara juga punya standar kesehatan tersendiri untuk kemasan makanan dan minuman ini. Di sini kemasan tersebut dikenal orang sebagai tetrapack.

3. Kertas karton. Inilah yang paling mudah ditemui di toko ATK, fotokopi, atau usaha percetakan. Ukuran standar karton biasanya berupa kertas plano A0, sehingga mudah dipotong ke berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Jenis ini paling sering dipakai untuk kerajinan tangan. Tekstur kertas ini juga beragam. Ada yang halus, ada pula yang bertekstur, ada pula yang berkilau. Dengan ketebalan yang pas, jelas karton punya daya tahan lebih baik dari kertas biasa.

Karton ini juga terbagi beberapa jenis lagi, dengan karakteristik yang berbeda. Seperti contohnya kertas art karton, karton ivory, atau karton yellow board, dan karton duplex.

Baca juga: 15 Jenis Kertas Yang Umum Pada Percetakan

Ukuran kertas karton:

  1. Karton BC : 61 x 86cm
  2. Art Karton : 65 x 100cm dan 79 x 109cm
  3. Karton Bufallo : 79 x 109cm
  4. Linen Karton : 79 x 109cm
  5. Duplex Karton : 79 x 109cm

Ukuran kertas board (karton tebal yang warnanya coklat/kuning)

Kertas Karton Board
Karton Board
  1. Board Lokal : 63,5 x 79 cm dan 64 x 74 cm
  2. Board Import : 70 x 100 cm dan 75 x 100 cm

Adapun untuk kertas karton tebal (Board), satuan yg dipakai adalah:

  1. Board No.18, Tebal = 4,3 mm, isi per pak = 18 Plano
  2. Board No.20, Tebal = 3,8 mm, isi per pak = 20 Plano
  3. Board No.30, Tebal = 2,5 mm, isi per pak = 30 Plano
  4. Board No.40, Tebal = 2,0 mm, isi per pak = 40 Plano
  5. Board No.50, Tebal = 0,7 mm, isi per pak = 50 Plano
  6. Board No.60, Tebal = 0,4 mm, isi per pak = 60 plano

Demikian informasi mengenai kegunaan kertas karton dalam percetakan ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!